sargent-seal-px-xoEBdkII-unsplash

Vacancy Konsultan Pengembangan Panduan Dan Modul Pelatihan Condom Total Market Approach (CTMA)

Tujuan dari proyek ini adalah untuk merekrut konsultan demi mengembangkan modul panduan dan pelatihan yang komprehensif tentang penerapan Condom Total Market Approach (CTMA). CTMA adalah pendekatan strategis yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan aksesibilitas kondom ke semua segmen populasi, termasuk mereka yang tidak mengakses kondom gratis atau bersubsidi.

Panduan dan modul pelatihan akan memberikan informasi praktis, alat, dan rekomendasi untuk memfasilitasi keberhasilan pelaksanaan CTMA. Dokumen panduan akan ditargetkan pada pelaksana program dan manajer yang bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan intervensi CTMA. Modul pelatihan, di sisi lain, akan dirancang untuk melatih pendidik sebaya yang akan memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan CTMA di tingkat akar rumput.

Tujuan:
Konsultan akan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan berikut:
a. Lakukan tinjauan menyeluruh terhadap literatur yang ada, praktik terbaik, dan studi kasus tentang CTMA, baik di tingkat global maupun lokal.
b. Identifikasi prinsip, strategi, dan langkah-langkah utama yang diperlukan dalam penerapan CTMA, termasuk segmentasi pasar, penentuan posisi produk, strategi penetapan harga, pengembangan kemitraan, dan komunikasi perubahan perilaku.
c. Kembangkan dokumen panduan komprehensif yang menguraikan proses implementasi CTMA, menyediakan alat dan template praktis, dan menawarkan rekomendasi untuk manajemen program yang efektif.
d. Rancang modul pelatihan untuk menyertai dokumen panduan, yang akan memberikan pelatihan langsung bagi staf program tentang implementasi praktis dari strategi CTMA.
e. Pastikan modul panduan dan pelatihan sejalan dengan standar internasional, peraturan lokal, serta kebutuhan spesifik dan konteks organisasi atau proyek.

Keluaran:
Konsultan akan mengirimkan hal-hal berikut dalam jangka waktu yang disepakati:
a. Garis besar rinci modul panduan dan pelatihan, termasuk struktur, konten, dan topik utama yang akan dibahas.
b. Versi draf dokumen panduan dan modul pelatihan untuk ditinjau dan diberi umpan balik.
c. Versi final dari dokumen panduan dan modul pelatihan yang menggabungkan umpan balik yang diterima.
d. Materi pembelajaran yang menyertai modul pelatihan, antara lain:
i. Studi kasus
Contoh kehidupan nyata yang mengilustrasikan penerapan CTMA yang berhasil dalam pengaturan yang berbeda, menyoroti tantangan utama, strategi, dan hasil.
ii. Skenario
Skenario interaktif yang mensimulasikan situasi dunia nyata yang ditemui selama implementasi CTMA, yang memungkinkan pendidik sebaya untuk mempraktikkan keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
iii. Kuis
Kuis penilaian pengetahuan untuk menguji pemahaman tentang konsep, prinsip, dan strategi CTMA. Kuis ini dapat digunakan sebagai alat penilaian diri atau sebagai bagian dari proses evaluasi pelatihan (pre/post-test).
iv. Presentasi PowerPoint (PPT).
Presentasi PPT yang menarik secara visual yang menyertai modul pelatihan, memberikan gambaran umum yang terstruktur dan komprehensif tentang konsep CTMA, langkah implementasi, dan pesan utama. Presentasi PPT harus dirancang dengan cara yang memungkinkan pelatih menyampaikan pelatihan secara efektif dan melibatkan pendidik sebaya.

Artikel terkait  Vacancy Finance Coordinator

Materi pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelatihan, memfasilitasi pembelajaran aktif, dan memberikan contoh dan alat praktis yang dapat diterapkan oleh pendidik sebaya dalam pekerjaan mereka. Mereka akan dikembangkan dalam format yang ramah pengguna dan dapat disesuaikan dengan lingkungan belajar yang berbeda. Konsultan akan memastikan bahwa materi pembelajaran selaras dengan isi dan tujuan modul pelatihan dan cocok untuk audiens target pendidik sebaya.

e. Alat dan template praktis, seperti kerangka kerja segmentasi pasar, pedoman penentuan posisi produk, strategi penetapan harga, dan materi komunikasi perubahan perilaku, untuk menyertai modul panduan dan pelatihan.

Metodologi:
Konsultan akan menggunakan metodologi berikut untuk menyelesaikan proyek:
a. Lakukan tinjauan literatur yang komprehensif untuk mengumpulkan pengetahuan dan bukti yang ada tentang CTMA dan praktik implementasi terkait.
b. Terlibat dengan pemangku kepentingan utama, termasuk manajer program, mitra pembangunan, pembuat kebijakan, dan mitra pelaksana, melalui wawancara, survei, atau diskusi kelompok terfokus, untuk mengumpulkan wawasan dan memahami konteks.
c. Kembangkan modul panduan dan pelatihan berdasarkan informasi yang dikumpulkan, pastikan modul tersebut menyertakan contoh praktis, studi kasus, dan panduan langkah demi langkah untuk mengimplementasikan CTMA.
d. Uji coba dokumen panduan dan modul pelatihan dengan IAC untuk mengumpulkan masukan dan umpan balik tentang isi, struktur, dan keefektifan materi.
e. Masukkan umpan balik yang diterima dari fase uji coba ke dalam versi final dokumen panduan dan modul pelatihan untuk memastikan relevansi dan kegunaan.

Artikel terkait  Vacancy Mitra Penguatan Komunitas terhadap Program Penanggulangan HIV di Indonesia

Fase uji coba akan memberikan kesempatan untuk memvalidasi isi dan format dokumen panduan dan modul pelatihan sebelum diselesaikan. Umpan balik dalam uji coba amat penting untuk mengidentifikasi poin-poin perbaikan, mengatasi kesenjangan, dan memastikan bahwa materi secara efektif memenuhi kebutuhan audiens target. Konsultan akan memfasilitasi proses uji coba, mengumpulkan umpan balik, dan melakukan revisi yang diperlukan terhadap dokumen panduan dan modul pelatihan berdasarkan masukan yang diterima.

Milestone:
Proyek ini akan dimulai pada 1 Agustus 2023 dan diharapkan selesai dalam waktu 3 bulan. Tonggak pencapaian dan tanggal jatuh tempo pengiriman berikut harus dipatuhi:
a. Milestone 1: Garis besar terperinci dari modul panduan dan pelatihan – 10 Agustus 2023
b. Milestone 2: Versi draf dokumen panduan dan modul pelatihan – 30 Oktober 2023
c. Milestone 3: Versi final dari dokumen panduan, modul pelatihan, dan alat materi pembelajaran yang menyertai dan disebutkan dalam penyampaian – 30 November 2023

Pembayaran:
Pembayaran akan dilakukan secara bertahap berdasarkan penyelesaian milestone sebagai berikut:
a. 30% setelah menyelesaikan Milestone 1
b. 40% setelah menyelesaikan Milestone 2
c. 30% setelah menyelesaikan Milestone 3

Pelaporan dan Komunikasi:
Konsultan akan memberikan laporan kemajuan rutin kepada IAC, menyoroti pencapaian, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang diusulkan. Saluran komunikasi, termasuk e-mail dan konferensi video, akan digunakan untuk kolaborasi berkelanjutan dan klarifikasi kebutuhan proyek.

Artikel terkait  Consultant Vacancy for CRM (Crisis Response Mechanism) Module Development

Hak Milik Intelektual:
Konsultan setuju bahwa semua materi yang dikembangkan, termasuk modul panduan dan pelatihan serta alat-alat yang menyertainya, akan menjadi milik IAC. Konsultan tidak akan memiliki klaim atau hak kepemilikan atas dokumen.

Kualifikasi:
Konsultan yang ideal harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:
a. Pengalaman dan keahlian yang luas dalam kesehatan masyarakat, khususnya di bidang pemrograman kondom, pendekatan pasar total, dan komunikasi perubahan perilaku.
b. Pengalaman yang terbukti dalam merancang dan mengembangkan dokumen panduan dan modul pelatihan untuk program kesehatan.
c. Pengetahuan yang kuat tentang segmentasi pasar, positioning produk, strategi penetapan harga, pengembangan kemitraan, dan komunikasi perubahan perilaku dalam konteks CTMA.
d. Keterampilan penelitian, analisis, dan penulisan yang sangat baik untuk mengumpulkan dan menyajikan informasi secara jelas, ringkas, dan praktis.
e. Keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang efektif untuk terlibat dengan pemangku kepentingan dan memasukkan umpan balik ke dalam hasil kerja.

Tata Cara Melamar:
Konsultan yang berminat diminta untuk menyerahkan Expression of Interest (EoI) yang mencakup informasi sebagai berikut:
a. Tinjauan tentang pengalaman dan kualifikasi konsultan terkait implementasi CTMA, pengembangan panduan, dan desain modul pelatihan.
b. Pendekatan dan metodologi yang diusulkan untuk menyelesaikan proyek, termasuk strategi atau alat inovatif.
c. Referensi proyek sebelumnya yang relevan atau contoh pekerjaan serupa.
d. Perkiraan anggaran untuk konsultasi, termasuk biaya, pengeluaran, dan pajak.

Batas Waktu Pengiriman:
Batas waktu pengiriman EoI adalah 15 Juli 2023. EoI harus dikirimkan secara elektronik ke recruitment@iac.or.id

Harap perhatikan bahwa Pernyataan Minat ini bukan merupakan komitmen kontraktual. Proses seleksi akan melibatkan peninjauan EoI yang diajukan, dan kandidat terpilih akan diundang untuk diskusi atau wawancara lebih lanjut.

Views: 8

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Lowongan Kerja

Vacancy Project Admin and Finance

JOB DESCRIPTION POSITION TITLE : Project Admin and Finance VACANCY CODE : PAF-SHIFT/V/2017 TERMS : Project Bases ? Full Time Views: 8Artikel terkait  HIV PREVENTION

Read More »
Publikasi

SHIFT Project

SHIFT Sustainable HIV Financing in Transition Views: 8Artikel terkait  HIV PREVENTION PROGRAM IN FSW POPULATION

Read More »

Brosur PHA3 fr

Brosur People’s Health Assembly 3 fr Brochure PHA3 FR View more documents from Indonesia AIDS Coalition Brochure People’s Health Assembly 3 fr Brochure PHA3 FR

Read More »
Lowongan Kerja

Vacancy Project Manager

Indonesia AIDS Coalition (IAC) is a community-based organization that focuses on the fulfilment of PLHIV and KAPs rights and has been working to support the

Read More »

want more details?

Fill in your details and we'll be in touch